Kompetisi di Italia Terancam Ditunda Satu Bulan Karna Virus Corona

By ommed


nusakini.com - Wabah virus Corona di Italia semakin menjadi-jadi. Dan menurut kabar, pemerintah setempat berencana untuk memberhentikan pagelaran sepak bola selama satu bulan ke depan.
Sampai saat ini, tercatat sudah ada 2,263 kasus mengenai wabah virus Corona di seluruh penjuru Italia. Dan dalam kurun waktu 24 jam terakhir, sudah ada 27 korban yang dinyatakan meninggal dunia.

Wabah ini mempengaruhi banyak sektor, tak terkecuali pertandingan Serie A. Mulai pekan ke-25, sejumlah laga harus ditunda demi menjaga keamanan seluruh pihak terkait agar tidak terjangkit virus Corona.
Terakhir, laga Juventus vs AC Milan yang jadwalnya digelar pada hari Kamis (5/3/2020) juga mengalami penundaan. Dan sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggal pasti kapan laga leg semi-final Coppa Italia itu akan digelar.

Pemerintah Italia sudah melakukan berbagai upaya untuk menjamin keselamatan para penduduknya. Dan baru-baru ini, mereka dilaporkan sedang menyusun wacana untuk menghentikan kompetisi sepak bola di Italia selama satu bulan.
ANSA membocorkan proposal yang diajukan komunitas ilmiah kepada pemerintah soal cara memberhentikan penyebaran virus.

"Hindari acara apapun selama 30 hari ke depan, termasuk olahraga, yang melibatkan kerumunan orang yang tidak menghormati jarak aman dari satu sama lain paling sedikit satu meter."
"Ini adalah salah satu proposal dari komisi ilmiah yang diinginkan oleh Perdana Menteri Giuseppe Conte, yang bisa diintegrasikan pada 1 Maret dan diadaptasikan oleh seluruh negara."

Tentu saja, menghentikan seluru kompetisi olahraga di Italia bukan satu-satunya cara untuk menghindari virus Corona. Opsi lainnya adalah dengan menggelar partai tanpa kehadiran penonton.
Langkah ini sudah pernah diterapkan oleh Inter Milan kala berhadapan dengan Ludogorets di ajang Liga Europa. Inter sendiri berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 pada pertandingan tersebut.

Pada hari Jumat (6/3/2020) nanti, Inter bakalan melawan Napoli dalam laga leg kedua babak semi-final Coppa Italia. Kemungkinan besar Inter dan Napoli akan mengalami nasib yang sama dengan Juventus serta AC Milan. (b/om)